Sabtu, 06 Februari 2016

Pidato tentang Pelestarian Lingkungan Hidup



Kebiasaan Menjaga Kebersihan Lingkungan Hidup

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wlingi, Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi. Pertama- tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Selanjutnya, shalawat serta salam muda- mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW,  kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya diberi petunjuk dari jalan yang penuh kegelapan kejalan yang terang-benderang.
Saya ucapkan terima kasih kepada hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan sebuah tema “ Pelestarian Lingkungan Hidup” untuk dijadikan renungan bagi kita semua.

Bapak Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Perlu kita sadari bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan. Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga, maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.
Alam sekitar yang tak hidup seperti air, tanah, udara, merupakan faktor  penentu bagi kebersihan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Baik buruknya tergantung pada pengolahan  manusia. Jika manusia dapat memanfaatkannya dengan baik disertai perhitungan untuk kelestarian  alam bagi hidup di masa yang akan datang, alam sekitar ini akan menjadi baik bahkan lebih baik bagi kelayakan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebaliknya alam akan rusak atau memburuk jika pengolahannya dilakukan tanpa kesadaran akan kepentingan untuk hidup di masa depan, khususnya bagi generasi berikutnya. Renungkanlah sebuah hadits Rasulullah SAW yang maksudnya '' Islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu, tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.''

            Kesimpulan yang dapat kita petik adalah kita perlu menjaga lingkungan di sekitar kita demi kenyamanan kita sendiri. Menjaga lingkungan itu bukanlah suatu hal yang merugikan bagi kita, sebab bagaimanapun kita juga yang menikmatinya. Lingkungan yang sehat dan bersih pun juga merupakan dambaan bagi setiap orang.  Marilah kita bersama- sama untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan dimana saja dan kapan saja.  Hal itu dapat dimulai dengan tindakan yang sederhana saja. Saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Melestarikan lingkungan dapat dimulai dari menjaga kebersihan ligkungan sehingga dapat tercipta kehidupan yang sehat. Harapan saya, kita semua bisa sadar betapa pentingnya kebersihan lingkungan untuk melestarikan lingkungan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya dan  mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam bertutur kata atau menyinggung perasaan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.












5 komentar:

Selens Seren mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Jaenudin Cahya Saputra mengatakan...

Sangat bermanfaat. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Njir gua nyari yang pendek malah dapat panjang🙄

Unknown mengatakan...

Saya nyari pelestarian lingkungan hidup ketemunya ini😞

NOVIAN mengatakan...

Panjang bngt tolol padahal nyari yang sinkat

Posting Komentar