Sabtu, 20 Februari 2016

Pidato tentang Pelestarian Lingkungan Hidup




Kebiasaan Menjaga Kebersihan Lingkungan Hidup

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wlingi, Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi. Pertama- tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Selanjutnya, shalawat serta salam muda- mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW,  kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya diberi petunjuk dari jalan yang penuh kegelapan kejalan yang terang-benderang.
Saya ucapkan terima kasih kepada hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan pidato yang bertema “ Pelestarian Lingkungan Hidup” untuk dijadikan renungan bagi kita semua.

Bapak Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Perlu kita sadari bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan. Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga, maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.
Bapak Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita. Cara menjaga lingkungan dengan cara yang sederhana dan menciptakan suasana yang tentram, damai, dan bebas penyakit yaitu dengan cara sebagai berikut :
1.      Buanglah sampah pada tempatnya. Lebih baik lagi apabila kita memilah sampah basah dan sampah kering. Karena di setiap sudut-sudut sekolah terdapat beberapa jenis tempat sampah yaitu : 
·         Tempat sampah basah yaitu untuk sampah yang mudah terurai, misalnya sisa-sisa makanan dan macam macam daun-daunan.
·         Tempat sampah kering yaitu untuk sampah yang tidak mudah terurai, misalnya kertas, plastik, dan lain-lain.  
  1. Buatlah jadwal piket untuk membersihkan rumah dan sekolah. Apabila kita tinggal di lingkungan rumah dan sekolah yang bersih, maka kita akan merasa nyaman untuk tinggal dan terhindar dari penyakit karena kotoran dan debu.
  2. Biasakanlah diri untuk membersihkan kamar mandi, halaman, selokan, dan area sekitar rumah dan sekolah kita secara rutin.
  3. Bekerja sama dengan warga lingkungan sekitar untuk melakukan kegiatan bersih lingkungan, mulai dari lingkungan darat, dan juga di air,
  4. Memperbaiki saluran air agar air tidak mampet dan menggenang,
  5. Apabila sampah anda tertimbun, alangkah baiknya sampah tersebut di bakar.
  6. Jangan lupa selalu terapkan 3B, yaitu:
·         Buang sampah di tempat yang sudah di sediakan,
·         Bersihkan segala sesuatu yang kotor,
·         Biasakanlah untuk hidup sehat dan bersih.
  1. Memiliki kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.
Bapak Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Selain dalam hal sampah kita masih bisa menambah kelestarian lingkungan dengan cara penghijuan di sekitar lingkungan sekolah. Kita bisa mulai dalam hal kecil seperti tiap siswa-siswi merawat tanaman yang berada di depan kelas masing-masing. Jika hal kecil tersebut bisa berjalan dengan lancar kita pasti mendapatkan berbagai manfaat. Seperti kepedulian kita merawat tanaman dan suasana yang sejuk di sekitar lingkungan sekolah dan banyak juga manfaat yang sangat berguna tanpa kita sadari. Sehingga untuk para siswa-siswi bisa belajar dengan nyaman dan fresh setiap harinya. Dan kita bisa membuat jadwal kegiatan tiap minggu nya untuk kerja bakti bersama. Untuk menunjukan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Marilah kita wujudkan itu semua bersama-sama, kita lakukan semaksimal dan sebaik mungkin yang kita bisa. Dan nanti kita bisa menikmati manfaat-manfaat kebersihan lingkungan bersama-sama.

Bapak Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Lingkungan ialah alam sekitar tempat manusia dan makhluk hidup lainnya tumbuh dan berkembang. Lingkungan terdiri dari alam sekitar yang berwujud hidup dan tak hidup. Manusia dengan makhluk hidup lainnya memerlukan alam sekitar yang berwujud tidak hidup. Meskipun kehadirannya dapat berubah menjadi rusak, berkurang, berlebihan, atau tidak baik, dan semua itu tergantung pada ulah makhluk hidup, khususnya manusia sebagai makhluk yang di ciptakan Tuhan lebih sempurna dari makhluk lain.
            Alam sekitar yang tak hidup seperti air, tanah, udara, merupakan faktor  penentu bagi kebersihan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Baik buruknya tergantung pada pengolahan  manusia. Jika manusia dapat memanfaatkannya dengan baik disertai perhitungan untuk kelestarian  alam bagi hidup di masa yang akan datang, alam sekitar ini akan menjadi baik bahkan lebih baik bagi kelayakan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebaliknya alam akan rusak atau memburuk jika pengolahannya dilakukan tanpa kesadaran akan kepentingan untuk hidup di masa depan, khususnya bagi generasi berikutnya.
Renungkanlah sebuah hadits Rasulullah SAW yang maksudnya '' Islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu, tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.''

            Oleh karena itu, kita perlu menjaga lingkungan di sekitar kita demi kenyamanan kita sendiri. Menjaga lingkungan itu bukanlah suatu hal yang merugikan bagi kita, sebab bagaimanapun kita juga yang menikmatinya. Lingkungan yang sehat dan bersih pun juga merupakan dambaan bagi setiap orang.  Marilah kita bersama- sama untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan dimana saja dan kapan saja.  Hal itu dapat dimulai dengan tindakan yang sederhana saja. Saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Melestarikan lingkungan dapat dimulai dari menjaga kebersihan ligkungan sehingga dapat tercipta kehidupan yang sehat. Harapan saya, kita semua bisa sadar betapa pentingnya kebersihan lingkungan

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya dan  mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam bertutur kata atau menyinggung perasaan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar